PEMERINTAH DESA SUKOHARJO LAUNCHING PELAKSANAAN POLA PELAYANAN TERPADU ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Sukoharjo, Launching pelaksanaan pola pelayanan terpadu administrasi kependudukan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sukoharjo pada hari Rabu 12 Juni 2019 di Balai Desa Sukoharjo. Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan untuk ibu-ibu PKK, perekaman KTP elektronik, pelayanan jemput bola akta kelahiran dan akta kematian.

Launching ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi hak masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan administarasi kependudukan. Sosialisasi yang diberikan Dinas Dukcapil berisi tentang gerakan sadar administrasi kependudukan (GISA) yang disampaikan oleh Jazim Sumirat, S.H., M.Si Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman.

Berkaitan dengan diadakannya penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Sukoharjo harapannya semua masyarakat Desa Sukoharjo dapat memiliki KTP elektronik dikarenakan Pemilu tahun ini menggunakan system e-voting. Masyarakat yang terkendala untuk dating langsung ke kantor desa Sukoharjo, Petugas Disdukcapil mengadakan jemput bola mendatangi rumah ke rumah agar dapat memiliki hak yang sama terkait pelayanan Adminduk.

Selain dari kegiatan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan untuk ibu-ibu PKK, Pemerintah desa Sukoharjo bekerjasama dengan Dinas Dukcapil untuk kepengurusan perekaman KTP elektronik, akta kelahiran dan akta kematian tersebut tidak dipungut biaya/gratis. Untuk kepengurusan KTP elektronik yang ada di Desa Sukoharjo, Peserta yang ikut perekaman e-KTP sejumlah 88 orang. Dari Balai Desa Sukoharjo KIM Desa Sukoharjo melaporkan. (Nur)

Leave a Comment