Perpustakaan GSC Sukoharjo Mengajak Anak-Anak Wisata Pustaka

Sukoharjo, Sebagai salah satu upaya meningkatkan minat baca anak-anak, perpustakaan desa sukoharjo “Generasi Sukoharjo Cerdas” mempunyai program wisata pustaka ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman pada hari Kamis 16 Mei 2019, kegiatan wisata pustaka ini dapat berlangsung atas fasilitas dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman.

Kegiatan ini merupakan layanan untuk meningkatkan minat baca sehingga anak-anak tertarik untuk datang ke perpustakaan melalui wisata ke perpustakaan. Program wisata pustaka kali ini dengan sasaran anak-anak SD Negeri Wonosalam yang dirasakan masih minim fasilitas perpustakaan di sekolahnya. Untuk pelaksanaan program wisata pustaka dengan pola jemput bola dengan fasilitas dua bus Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Sleman. Anak-anak sekolah SD Negeri Wonosalam yang menjadi sasaran dijemput oleh petugas dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman serta dari petugas perpustakaan Desa Sukoharjo untuk diajak berkunjung di dua tempat. Perpustakaan Desa Sukoharjo untuk mendapatkan penjelasan kegiatan perpustakaan Desa Sukoharjo yang kemudian diberikan kesempatan untuk bermain dan belajar.

Setelah beraktivitas di perpustakaan Desa Sukoharjo anak-anak diajak ke kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman, tentunya didampingi oleh petugas dari Perpustakaan Desa Sukoharjo yaitu Nana Eka Wati dan Septika serta empat guru dari SD Negeri Wonosalam. Kunjungan pertama yang dilakukan adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab sleman. Disana anak-anak masuk dan dikenalkan satu persatu tentang sejarah karena diruangan tersebut dipasang foto-foto presiden dan pahlawan. Seperti contohnya pengenalan presiden pertama Republik Indonesia dan selanjutnya berkeliling sambil bercerita.
Setelah selesai berkumpul kemudian Petugas Dinas Perpustakaan Kab Sleman memberikan pertanyaan kepada anak-anak, siapa yang bisa menjawab beberapa pertanyaan diberikan hadiah stiker.

Untuk kunjungan kedua adalah mengunjungi Perpustakaan Kab Sleman, setelah sampai di tempat tersebut, petugas bagian pelayanan menyambut anak-anak dengan berbaris rapi kemudian anak-anak masuk dengan mengisi kunjungan di computer. Setelah selesai, anak-anak dilanjutkan ke ruangan anak kemudian petugas memberi tugas untuk membaca buku dan memberikan tugas anak-anak dengan menulis judul buku, nama pengarang, nama penerbit, nama tokoh dan isi cerita tentang buku yg dibaca hingga setelah selesai kemudian dinilai oleh petugas Perpustakaan Kab Sleman.

Setelah kegiatan membaca dan menulis di ruang perpustakaan, anak-anak diberikan kesempatan untuk bermain di seputaran lapangan denggung dengan lingkungan yang sejuk dan asri. Setelah dari lapangan Denggung, anak-anak diajak kembali ke tempat sekolah.

Melalui kegiatan wisata pustaka, anak-anak dapat belajar dan juga meningkatkan pengetahuan dalam suasa yang menyenangkan. Kegiatan ini disambut antusias oleh siswa juga guru sekolah.
Dari kepala sekolah SD Negeri Wonosalam Ibu Asih mengucapkan ucapan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk dapat berkunjung ke Perpustakaan Desa Sukoharjo maupun ke Perpustakaan Kabupaten Sleman melalui fasilitas program wisata pustaka. Dari Balai Desa Sukoharjo KIM Desa Sukoharjo melaporkan. (Nur)

Leave a Comment