Pembinaan RT dan RW se-Desa Sukoharjo

Sukoharjo, Kegiatan Pembinaan Ketua RT dan Ketua RW se-Desa Sukoharjo bertempat di Aula Balai Desa Sukoharjo  pada hari Rabu 27 Maret 2019 pukul 20.00 WIB. Keberadaan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) memiliki peran yang sangat strategis melayani masyarakat dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang ada di desa khususnya yang berada di Desa Sukoharjo. Peran penting RT dan RW merupakan sebagai wadah untuk memberdayakan masyarakat sehingga eksistensi lembaga ini perlu terus dibina, diperkuat dan diberdayakan secara berkesinambungan agar berjalan sesuai beriringan dengan Pemerintah Desa Sukoharjo.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Sukoharjo (Hadi Subronto), beliau menghimbau agar RT/RW agar dapat melayani warganya dengan baik karena peran RT/RW itu sendiri adalah sebagai ujung tombak dalam melayani di masyarakat secara berkesinambungan serta informasi kepada RT/RW terkait penyelengaraan pemilihan umum (pemilu) yang akan dilaksanakan 17 April 2019.

Materi pembinaan RT/RW ini disampaikan oleh dua narasumber, yaitu Marjonet, selaku Ketua PPK Kecamatan Ngaglik dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Sleman, Jazim Sumirat, SH, M.Si. Materi pertama yang diberikan adalah informasi yang berkaitan dengan pemilu, Marjonet menyampaikan mengenai tata cara dan pemungutan suara dalam pemilihan umum. Secara garis besar materi meliputi prinsip dan asas penyelerenggaraan Pemilu 2019 guna mendukung kesuksesan Pemilu 2019 mendatang. Pemateri kedua adalah berkaitan dengan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan oleh Jazim Sumirat menyampaikan mengenai sadar administrasi kependudukan sebagai gerakan bersama.

Disampaikan pula mengenai kebijakan baru adminduk yang meliputi perubahan asas peristiwa menjadi asas domisili, e-KTP berlaku seumur hidup (sepanjang tidak ada perubahan data), kartu identitas penduduk untuk semua usia, dan pengurusan e-KTP dan akta kelahiran tanpa pengantar RT, RW, dan Desa, pelayanan adminduk tidak boleh dipungut biaya/gratis. Dengan melihat tugas, fungsi, dan kewajiban RT/RW yang langsung berhadapan dengan kepentingan masyarakat, dan sebagai ujung tombak, acara pembinaan RT/RW ini merupakan langkah dan solusi dalam menunjang kesuksesan program dan kegiatan Pemerintah Desa. Dari Balai Desa Sukoharjo KIM Desa Sukoharjo Melaporkan. (Nur)

Leave a Comment