Motivasi Menulis Anak Mesti di Kembangkan Sejak Dini.

Sukoharjo, Guna menumbuhkan minat membaca dan menulis pada siswa-siswa sekolah dasar, Perpustakaan Generasi Sukoharjo Cerdas mengadakan kegiatan menulis untuk  siswa Sekolah Dasar Negeri Seloharjo Sukoharjo Ngaglik Sleman YK. Selain dari kegiatan menulis untuk siswa adalah pemberian donasi buku cerita ke SD N Seloharjo. Pembagian donasi buku cerita untuk bacaan  siswa-siswa SD ini bekerjasama dengan Perpustakaan GSC Sukoharjo dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mata Aksara Jogja. Kegiatan pembagian buku ini bertujuan untuk memotivasi siswa untuk menulis dan minat baca sejak dini, pembiasaan menulis sejak dini dapat diharapkan dapat menjadikan siswa gemar untuk menulis dan membaca, sehingga dapat memperluas pengetahuan siswa dan imajinasi siswa di kehidupan sehari-hari.

Kepala Sekolah SD N Seloharjo Drs. Japar bersama Guru kelas 5 Desi Atmajayanti menyambut baik dan senang atas kunjungan Tim Pengelola Perpustakaan Desa Generasi Sukoharjo Cerdas di SD N Seloharjo. Ucapan terimakasih disampaikan pihak sekolah atas donasi buku buku cerita untuk anak anak Siswa SD N Seloharjo dan juga atas pendampingan menulis cerita yang telah diberikan sehingga akan memberikan manfaat besar bagi siswa dalam semangat belajar bagi siswa SDN Seloharjo. Sabtu, 16 maret 2019.

Pemerintah desa dan pengelola perpustakaan desa sukoharjo menyampaikan kegiatan donasi buku dan Pendampingan minat baca dan tulis siswa ditujukan bagi siswa siswa SD di Wilayah Desa Sukoharjo. Kegiatan terdiri dari sosialisasi  minat baca, pemberian bantuan buku, penyampaian cerita anak, pelatihan menulis cerita.  Rangkaian kegiatan yang dilakukan siswa SD kelas 5 adalah selain dari siswa mendengarkan cerita dari pengelola perpustakaan Desa Sukoharjo yaitu diberikannya kesempatan membaca buku cerita yang didonasikan untuk Sekolah. Dengan adanya kegiatan yang sangat bagus ini harapannya dapat meningkatkan minat baca dan tulis bagi siswa. Keterampilan menulis juga semakin baik dalam menuangkan gagasan, imajinasi anak sehingga pemikiran anak menjadi berkembang secara luas.

Pembacaan buku cerita anak disampaikan oleh Rosalia haryanti, berjudul teman sejati. Setelah siswa mendengarkan cerita dengan baik, selanjutnya siswa diminta memberikan tanggapan atas cerita tersebut dan juga diminta memberikan pendapat pelajaran apa yang bisa dipetik dari isi buku yang diceritakan. Dengan selesainya pembacaan buku cerita dan tanggapan siswa kemudian dilanjutkan pendampingan penulisan cerita untuk siswa kelas 5 tersebut. Dengan mengambil tema Teman Sejati. Siswa diberikan keleluasaan menuangkan pikirannya, imajinasinya, dan gagasanya. Kegiatan penulisan yang berlangsung tersebut dalam suasana yang menyenangkan. Dari pendamping juga memberikan penjelasan singkat tentang  kerangka karangan dalam menulis cerita sehingga dapat menjadikan tulisan menjadi bagus.

Disampaikan juga dari pengelola perpustakaan generasi sukoharjo cerdas, bahwa hasil tulisan siswa SD sukoharjo yang terpilih akan digabungkan dengan hasil tulisan SD lainnya yang ada di Desa Sukoharjo sehingga nantinya akan dibuat buku yang bisa di baca siswa maupun pembaca umum. Dari Balai Desa Sukoharjo KIM Desa Sukoharjo melaporkan.

Leave a Comment